bisnis internet
Powered by Blogger.
RSS

Pages

PANDUAN BELAJAR GENERIK PTK


Guru pemandu atau guru inti yang ada di KKG/MGMP merupakan ujung tombak dari upaya peningkatan keprofesionalan guru secara kolaboratif berbasis KKG/MGMP. Oleh karena itu, guru pemandu harus memahami sistem dan pendekatan yang digunakan oleh Program BERMUTU dalam upaya meningkatkan keprofesionalan guru. Ada beberapa pendekatan yang diharapkan dikuasai oleh guru peserta dalam memperbaiki kualitas pembelajarannya.

Untuk memperoleh dampak yang diharapkan, implementasi rencana tindakan di kelas dapat dilaksanakan setelah semua persiapan selesai.  Pelaksanaan tindakan bisa jadi tidak hanya berupa satu kali pertemuan pembelajaran, mungkin dua atau tiga kali kegiatan pembelajaran. Hal ini tergantung pada topik yang diajarkan atau rencana pembelajaran yang disusun. Pada konteks belajar PTK model BERMUTU ini pelaksanaan tindakan akan dilakukan dalam bentuk modeling open class sebagaimana dalam kegiatan Lesson Study. Yakni salah satu guru peserta KKG/MGMP menjadi guru model yang akan mengimplementasikan rencana pembelajaran (skenario) di kelasnya, sementara anggota KKG/MGMP yang lain menjadi observer

Kedudukan dan Pentingnya Topik Pelaksanaan Tindakan

Tahap implementasi rencana tindakan merupakan bagian yang terpenting dari PTK, karena pada tahap inilah guru peneliti menerapkan rencana tindakan yang telah disusun dan akan dapat memperoleh data yang diperlukan. Data dapat diperoleh melalui observasi pelaksanaan pembelajaran atau dengan melakukan cara pengumpulan data yang lain, misal dengan menyebarkan kuesioner atau wawancara terhadap siswa, atau melalui tes hasil belajar. Berdasarkan data yang diperoleh guru peserta dapat mengevaluasi keberhasilan rencana tindakan atau dampak dari tindakan yang dilakukan guru.  

Ruang Lingkup
Kegiatan yang akan dilakukan oleh para anggota KKG/MGMP bersama guru pemandu meliputi: persiapan praktik pelaksanaan tindakan yang meliputi penjelasan tentang skenario pembelajaran serta penggunaan instrumen pengambilan data kepada semua anggota; pelaksanaan pembelajaran oleh guru “model”; observasi pembelajaran oleh anggota untuk memperoleh data; dan melakukan diskusi refleksi bersama. Agar setiap anggota dapat memperoleh pengalaman melaksanakan rencana tindakan diharapkan setiap guru peserta dapat mempraktikan rencana tindakan yang telah disusun di kelasnya masing-masing. Jika dimungkinkan lakukan secara berpasangan sehingga dapat saling mengobservasi.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

apa komentar mu?