Powered by Blogger.
RSS

Pages

CONTOH KALIMAT NOUN PHARASE

Salah satu kesulitan siswa yang sering saya jumpai saat belajar Bahasa Inggris  adalah how to make a sentence in correct order atau menulis kalimat dalam urutan yang tepat tiap kata. Ya, mereka sering sekali menempatkan  kata-kata dalam suatu kalimat dengan tidak tepat. Kata yang mestinya ada di depan Ia taruh di belakang, yang mestinya di tengah malah ditaruh di depan, dsb.
Memang, dalam Bahasa Inggris ada unsur bahasa yang di tulis berbalikan dengan apabila kita tulis dalam Bahasa Indonesia. Unsur atau lebih tepatnya kelas kata yang ditulis berbalikan dengan bahasa kita tersebut adalah Frase Kata Benda, hanya frase kata benda. Atau dalam Bahasa Inggrisnya Noun Phrase
Trus, apa itu Frase Kata Benda?.
Singkat kata, Frase Kata Benda (disingkat FKB aja ya) adalah kata benda yang mempunyai kata keterangan dimana kata keterangan ini berfungsi menerangkan sifat, posisi, kedudukan, atau apalah dari kata benda tersebut. Gimana, sulit dicerna?.
Ok. Kita coba langsung ke contoh. Saya yakin dengan contoh kalian akan sangat mudah memahaminya. Ambil satu contoh kata benda misalnya TAS. Itu tuh, benda yang kalian gunakan untuk menaruh buku. Kata "tas" adalah kata benda. Bila kita tambahkan kata "baru" maka akan menjadi "tas baru". Nah kata "tas baru" inilah yang dinamakan FKB. Ok, sudah jelas bukan?. Coba sekarang ada berapa FKB di dunia ini?. Waduh...! nevermind. Pertanyaan gila tuh!.
FKB minimal terdiri dari dua kata. Salah satunya pasti kata benda yang menjadi kata utama, sementara yang lain sebagai kata keterangannya. Kata keterangan ini bisa satu, dua, tiga, atau lebih. Contohnya: tas kulit baru, tas kulit baru yang bagus, tas kulit baru bagus dan mahal, dst.
Dalam Bahasa Indonesia, penulisan FKB dimulai dengan kata benda utamanya kemudian diikuti kata-kata yang menjadi keterangannya. Hal ini dikenal dengan istilah DM (Diterangkan Menerangkan). Pada FKB "tas baru" kata "tas" berkedudukan sebagai kata yang "diterangkan" sementara kata "baru" berfungsi "menerangkan". Gimana dengan FKB "tas kulit baru bagus dan mahal"?. Tetap saja rumusnya, "tas" sebagai D-nya sementara "kulit baru bagus dan mahal" sebagai M-nya. Semakin jelas kan?.
Dalam Bahasa Inggris penulisan FKB atau noun phrase dibalik jadi MD. Sehingga, bila "tas" = bag dan "baru" = new, maka "tas baru" diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris menjadi  "new bag" bukan "bag new" hehehe.
Nah, yang saya tidak tahu adalah bagaimana penulisan yang bener sesuai kaidah Bahasa Indonesia. Apakah "tas kulit baru bagus dan mahal" ataukah "tas kulit bagus mahal dan baru" atau mungkin "tas kulit mahal baru dan bagus"? Yah maklumlah bukan guru Bahasa Indonesia. Tapi nih, untuk Bahasa Inggris saya punya rumusnya. Yaitu tentang kata keterangan mana yang mesti di dahulukan dan  mana yang mesti di belakangkan, . Kalau kata benda utamanya tetep paling belakang. Ok langsung disimak rumusnya. Ini sangat penting!. Kalo perlu tulis di dinding kamar biar gak lupa.
Urutan penulisan Noun Phrase dalam Bahasa Inggris mengikuti aturan seperti berikut:
1. Determiner, isinya a / an (sebuah) atau bisa juga the
2. Opinion, opini orang ttg benda utama. (mis. handsome, beautiful, cute, dll.)
3. Size, ukuran dong (mis. small. large, big, huge, dll)
4. Age, umur, jaman, pokonya yang berhubungan dengan waktu (mis. old, modern, dll)
5. Temperature, dah tau kan?
6. Shape, bentuk, penampakan, dll
7. Colour, gampang gak perlu dibahas
8. Original, maksudnya adalah asal benda utama (berasal). Terdiri dari dua;
     a. Country / City, asal tempat (negara/kota)
     b. Material, asal bahan (besi, emas, kain, dll)
9. Purpose, berhubungan dengan tujuan dari benda utama.
10. Noun, nah yang terakhir ini adalah kata benda utama.
Sekarang sebuah contoh noun phrase lengkap sesuai dengan 10 urutan di atas 
bendanya adalah Car atau mobil
A cute small modern cool round red Germany metallic racing car
hehehe.... coba artikan!
A=1, cute=2, small=3, modern=4, cool=5, round=6, red=7, Germany=8a, metallic=8b, racing=9, car=10.
Contoh lain yang lebih pendek:
  • Alex is a smart tall white boy (a=1, smart=2, tall=3, white=7, boy=10)
  • It's a beautiful red car (a=1, beautiful=2, red=7, car=10)
  • Mr. Aldy has just bought an expensive large house (an=1, expensive=2, large=3, house=10)
SUBJECT,Verb,object,complement kelas 3 smp
Subjek adalah unsur pokok yang terdapat pada sebuah kalimat di samping unsur predikat. Dengan mengetahui ciri-ciri subjek secara lebih terperinci, kalimat yang dihasilkan dapat terpelihara strukturnya, subjek menjawab pertanyaan apa dan siapa.
Subjek menunjukan aksi/perbuatan dari kalimat, itu bisa berupa kata benda (noun), kata benda berfrase (noun phrase), atau kata benda berkalusa (noun phrase), ahli tata bahasa membaginya kedalam tiga macam subjek :
· Complete Subject, complete subject kata kerja benda berklausa seluruhnya termasuk kedalam kata benda berklausa, biasanya semuanya sebelum kata kerja (verb)
e.g. –“the dusty, old vas in the garden haven’t been cleaned in years”
· Simple Subject, simple subject, kata benda dan kata ganti utama dalam sebuah kalimat
e.g.-“Vas”
· Coumpound Subject, Coumpound subject, mengandung dua buah subjek atau lebih yang disambungkan oleh suatu kata sambung
e.g.-“the brave hero and the skinny villain, lived in the same village”
Verb
Verbs merupakan tingkatan kata yang digunakan untuk menunjukan perbuatan dari suatu aksi(do, throw, run), eksistensi (be), kepemilikan(have), atau keadaan(know, hate) dari subjek. Secara singkat verbs menunjukan perbuatan yang dilakukan oleh sesuatu atau seseorang.
Ciri kata kerja (verb)
· Jawaban atas pertanyaan why dan how
Dilihat dari segi makna, bagian kalimat yang memberikan informasi atas pertanyaan Why atau how adalah predikat kalimat. Pertanyaan how suppose to be atau what can it be dapat digunakan untuk menentukan predikat yang berupa nomina penggolong (identifikasi).
· Dapat diingkarkan
Predikat mempunyai bentuk pengingkaran yang diwujudkan oleh kata not. Bentuk pengingkaran not ini digunakan untuk predikat yang berupa verba atau adjektiva.
· Dapat disertai dengan modalitas
Predikat kalimat yang berupa verba atau adjektiva dapat disertai kata-kata aspek seperti may, can, shall, dan will. Kata-kata itu terletak di depan verba atau adjektiva.
Object
Sebuah objek dalam dalam sebuah kalimat, berperan sebagai sesuatu atau seseorang yang dikenai perbuatan oleh objek utama, sebaga contoh dalam kalimat berikut
e.g. “Edi threw the ball”,”ball” merupakan sebuah objek, “Edi” merupakan Subjek, atau “pelaku”, sedangkan bola adalah aksi yang dilakukan Subjek
Objek dibagi dalam tiga kelas :
- Direct Object (Objek langsung),-“I read a book” (apa yang saya baca ? sebuah buku)
- Indirect Object (Objek tidak langsung) -“ I read a book for a test next week” (untuk apa saya memca buku ? untuk tes minggu depan)
- Prepositional Object(kata depan objek)-“I read on the chair”(dimana saya membaca ? diatas kursi)
Objek langsung menjawab pertanyaan what. Sedangkan objek tidak langsung menjawab pertanyaan “for Whom ?”, dalam berbagai bahasa termasuk Jerman, Latin dan Arab klasik, objek dapat merubah bentuknya untuk menunjukan objek apakah dia (dalam kasus mereka), Tetapi hal ini tidak berlaku dalam bahasa inggris karena ada beberapa kata ganti dalam bahasa inggris yang terpisah dari bentuk subjek dan objeknya.
Adverbs
Adverb (keterangan) merupakan dari suatu kalimat yang digunakan untuk menjelaskan kata kerja, dengan tambahan Adverb digunakan juga untuk menjelaskan noun, adjectives, other Adverbs, dan beberapa bentuk kalimat . Adverb secara umum digunakan untuk menjelaskan seluk beluk dari sebuah “penjelasan” dengan menerangkan waktu, tempat maupun keadaan subjek, berikut ciri lain dari sebuah Adverbs
¨ Bukan Unsur Utama
Berbeda dari subjek, predikat, objek, dan pelengkap, keterangan merupakan unsur tambahan yang kehadirannya dalam struktur dasar kebanyakan tidak bersifat wajib.
¨ Tidak Terikat Posisi
Di dalam kalimat, keterangan merupakan unsur kalimat yang memiliki kebebasan tempat. Keterangan dapat menempati posisi di awal atau akhir kalimat, atau di antara subjek dan predikat.
e.g. :
· The flower Bloom smoothly
· I came to her house last week
· He punched the sandbag hardly
Complements
Pelengkap dan objek memiliki kesamaan. Kesamaan itu ialah kedua unsur kalimat ini :
1. Bersifat wajib ada karena melengkapi makna verba predikat kalimat.
2. Menempati posisi di belakang predikat.
3. Tidak didahului preposisi.
Perbedaannya terletak pada kalimat pasif. Pelengkap tidak menjadi subjek dalam kalimat pasif. Jika terdapat objek dan pelengkap dalam kalimat aktif, objeklah yang menjadi subjek kalimat pasif.
Beberapa contoh dari Complements :
- The house was burned, (Subject complements)
- She was very sad to heard that news (Adjective Complements)
- I painted my room purple (Objects complements)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

apa komentar mu?