bisnis internet
Powered by Blogger.
RSS

Pages

BAHAN BELAJAR MANDIRI GENERIK PTK

Perlu tidaknya penelitian tindakan kelas dilakukan ditentukan oleh ada tidaknya masalah pembelajaran yang ditemukan. Kegiatan ini dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun hampir dapat dipastikan bahwa tidak akan pernah ditemukan kelas dengan pembelajaran yang sempurna dari semua aspek terkait, seperti kurikulum, materi ajar, strategi, sarana/media, dan sebagainya. Oleh karena itu, langkah pertama yang dapat dilakukan guru dalam PTK adalah menemukan atau mengidentifikasi masalah. Untuk dapat mengidentifikasi masalah guru peserta harus mengumpulkan hasil observasi pembelajaran atau mengingat kembali berbagai persoalan yang pernah muncul atau dialami guru selama menjalankan tugas pengajaran.


Bahan Belajar Mandiri (BBM) ini disiapkan untuk para pemandu kegiatan KKG/MGMP dalam Program BERMUTU. Sebagaimana dijelaskan pada BBM Generik 1, bahwa PTK yang dilakukan dalam Program BERMUTU dimaksudkan sebagai sarana bagi guru peserta untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelasnya, dan bukan dimaksudkan sebagai sebuah penelitian untuk para ahli pendidikan. Artinya, PTK lebih diterapkan sebagai prosedur praktis dalam memperbaiki pembelajaran secara terus-menerus, yang diharapkan dapat dilakukan oleh berbagai kalangan, bahkan oleh guru peserta di daerah yang terpencil dengan segala keterbatasannya. Oleh sebab itu, setiap penjelasan tentang teknik pelaksanaan tahapan PTK disusun secara sederhana dan praktis.
Kedudukan dan Pentingnya Topik Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah merupakan tahap awal dari PTK atau merupakan bagian dari tahap perencanaan (plan). Perlu-tidaknya PTK dilakukan ditentukan oleh ada- tidaknya masalah pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, para guru peserta harus dapat menemukan masalah melalui latihan dengan teknik-teknik sederhana dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran.
Ruang Lingkup Kegiatan
Materi identifikasi masalah dalam pembelajaran akan disajikan dalam satu kali pertemuan KKG/MGMP (setara dengan 4 x 50 menit). Maksud dari penyajian secara generik adalah untuk mulai mengenalkan tahapan PTK sekali gus peserta berlatih untuk melakukannya secara praktis dan mudah dalam mengidentifikasi masalah.
Ruang lingkup kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan 2 ini meliputi:
a. Penjelasan dan diskusi tentang: cara-cara mengidentifikasi masalah pembelajaran, pemilihan masalah yang akan di PTK-kan, menganalisis masalah pembelajaran tersebut, serta perumusan kalimat rumusan masalah.
b. Berlatih mengidentifikasi masalah, memilih salah satu masalah yang akan di PTK-kan, menganalisis masalah tersebut, serta merumuskannya dalam bentuk kalimat rumusan masalah.
c. Melaksanakan diskusi kelas dari hasil kegiatan b.
d. Pada akhir kegiatan, setiap guru peserta menuliskan kembali identifikasi masalah, memilih masalah yang akan di PTK-kan, menganalisis masalah tersebut, dan menuliskan kalimat rumusan masalah.
e. Selain itu pada tahap ini akan dijelaskan dan dilatihkan kemampuan membaca atau menganalisis bacaan secara kritis untuk mengasah kepekaan guru peserta dalam menangkap isi bacaan/artikel ilmiah.
f. Pemberian tugas terstuktur dan tugas mandiri untuk setiap guru peserta.

Adakah guru yang tidak mempunyai masalah di kelas?
Rencana PTK diawali dengan adanya masalah yang dirasakan guru.

Apa itu masalah?
 Masalah adalah kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Masalah pembelajaran/pendidikan adalah harapan tentang kondisi pembelajaran yang berkualitas dengan mutu pembelajaran yang ada saat ini.
 Masalah adalah situasi yang tidak memuaskan/ganjalan pikiran dan perasaan yang mendorong peneliti untuk mencari solusi.
 Rumusan masalah merupakan pertanyaan yang akan dicari jawabnya melalui penelitian.

Bagaimana cara dapat menemukan masalah dalam pembelajaran?
identifikasi masalah dapat dilakukan dengan cara merenungkan kembali atau melakukan refleksi setelah pembelajaran

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

apa komentar mu?